Sunday, April 28, 2013

7 Pasangan Serasi DI naruto


Tidak hanya teman, pasangan pun dapat menjadi sumber motivasi bagi seseorang jika dia sedang mengalami kesulitan. Bahkan mampu merubah jalan takdir orang tersebut. Inilah 7 pasangan paling serasi dalam serial Naruto,dikutip dari berbagai sumber:
7. Asuma dan Kurenai
[lihat.co.id] - Kedua pasangan ini adalah guru dari para murid yang masih genin. Asuma, guru dari Shikamaru, Ino dan Choji dan Kurenai, guru dari Hinata, Kiba dan shino. Mereka berdua telah menikah dan Kurenai telah mengandung seorang anak. Namun Asuma tewas saat bertarung melawan Hidan dan Kakuzu dari akatsuki.

6. Kato dan Tsunade
[lihat.co.id] - Pasangan yang sudah lama “berpisah” ini memiliki cerita yang sangat tragis. Dan kato meninggal karena pendarahan yang cukup hebat yang dialaminya. Tsunade yang pada saat itu merupakan Ninja medis terbaik tidak bisa menghentikan pendarahan tersebut. Kato yang masih sempat sadar hanya bisa mengatakan “aku tidak boleh mati disini”, tetapi kata-kata itu tidak sanggup membuat Kato hidup lama. 

Dia pun akhirnya meninggal. setelah kejadian ini, Tsunade jadi trauma jika melihat darah. Di perang dunia ninja keempat, setelah jutsu edo tensei lepas, Kato menggunakan Reika no Jutsu untuk bertemu Tsunade. Disaat yang bersamaan, Tsunade mulai dalam kondisi hidup mati dimana dia hampir di tusuk oleh Pedang Susano’o milik Madara uchiha. Di sanalah Kato menyelamatkan Tsunade dan mengucapkan terima kasih karena telah menyelesaikan apa yang dia tidak bisa.

5. Obito dan Rin
[lihat.co.id] - Rasa cinta yang begitu mendalam dapat melahirkan kebencian yang mendalam juga. Ungkapan yang tepat buat pasangan berikut ini, Obito dan Rin. Obito yang menyukai Rin harus menerima kenyataan akibat Rin dibunuh oleh Kakashi Hatake. 

Alasan Kakashi membunuh Rin belum terungkap. Obito yang melihat kejadian tersebut dengan mata dan kepalanya sendiri mulai berubah drastis, dari yang baik menjadi buruk. Dia terpengaruh oleh iming-iming Madara uchiha mengenai “Dunia Baru” dan ingin membawa Rin ke dalam dunia tersebut.

4. Shikamaru dan Temari
[lihat.co.id] - Ini adalah pasangan terpintar dan tercerdas asal desa Konoha dan Sunagakure yaitu Shikamaru dan Temari. Mereka berdua memang jarang terlihat berduaan tetapi apabila mereka dipasangkan, mereka bisa saling melengkapi. Shikamaru dengan sifat malasnya dan Temari dengan sifat tegasnya.

3. Sasuke dan Sakura
[lihat.co.id] - Yang satu cool dan ganteng, yang satu cantik dan pintar memang cocok buat pasangan ini. Saat masih jadi ninja genin, Sakura sudah jatuh cinta dengan Sasuke. Namun Sasuke pergi meninggalkan desa Konoha demi mendapatkan kekuatan dari Orochimaru.

2. Minato dan Kushina
[lihat.co.id] - Mereka adalah ayah dan ibu Uzumaki Naruto. Sejak di akademi dan sampai sampai akhir hayatnya pun mereka bersama. Kisah cinta mereka dimulai saat Kushina diculik oleh shinobi dari desa Kumogakure. 

Kushina yang sudah hilang harapan karena tidak ada yang menolongnya, akhirnya mulai tersenyum kembali. Ketika melihat seseorang yang tidak asing lagi bagi dirinya yang mengalahkan semua shinobi dari desa Kumogakure. Dan dia adalah Namikaze Minato. Kushina yang mulai lemas akhirnya dibawa oleh Minato kembali ke desa konoha. 

Di perjalanan kembali ke desa konoha, Kushina kemudian melihat tangan minato yang membawa rambut merahnya mulai bertanya-tanya. “itu...” Minato kemudian menjawab “rambutmu yang indah, aku menemukannya berserakan”. 

Kushina yang dahulunya tidak suka dengan rambut merahnya akhirnya mulai menyukainya dan dia juga menyukai Minato. Tidak hanya itu, mereka juga mati bersama-sama demi melindungi Naruto dari ancaman Kyuubi dan juga melindungi desa Konoha.

1. Naruto dan Hinata
[lihat.co.id] - Dua orang dengan sikap yang berbeda. Naruto dengan sifat yang tidak bisa diam, kuat dan agak konyol sementara Hinata dengan sifat pendiam, pemalu dan pantang menyerah. Jika dulu Naruto menjadi inspirasi bagi Hinata, sekarang Hinatalah yang menjadi inspirasi bagi Naruto. Kedua pasangan ini bisa saling melengkapi satu sama lain. 

Dalam perang dunia keempat, Naruto mulai kehilangan kepercayaan dirinya akibat salah satu teman terbaiknya yaitu Hyuuga Neji terbunuh. Neji terbunuh karena berusaha melindungi Naruto dari serangan yang dilancarkan oleh Juubi. 

Namun Hinata yang melihat sifat Naruto yang berubah tidak tinggal diam. Hinata mulai memegang kepala Naruto dan memberinya motivasi “Tetap maju dan tidak melupakan kata-katamu, itulah jalan ninjaku juga”.

Saturday, April 20, 2013

Dajjal (Pemfitnah di akhir zaman)




Dajal (bahasa Arab: الدّجّال ad-Dajjāl) adalah seorang tokoh kafir yang jahat dalam Eskatologi Islam, ia akan muncul menjelang Kiamat. Dajjal pembawa fitnah di akhir zaman, menurut Al-hadits, Nabi Muhammad SAW bersabda: “"Sejak Allah swt menciptakan Nabi Adam a.s. sampai ke hari kiamat nanti, tidak ada satu ujian pun yang lebih dahsyat daripada Dajjal"[1].
Etimologi

Dajal adalah kata Arab yang lazim digunakan untuk istilah "nabi palsu". Namun istilah Ad-Dajjal, merujuk pada sosok "Penyamar" atau "Pembohong" yang muncul menjelang kiamat. Istilahnya adalah Al-Masih Ad-Dajjal (Bahasa Arab untuk "Al Masih Palsu") adalah terjemahan dari istilah Syria Meshiha Deghala yang telah menjadi kosa kata umum dari Timur Tengah selama lebih dari 400 tahun sebelum Al-Quran diturunkan.
Biografi

Dajal tidak disebut dalam Al Quran, tetapi terdapat dalam hadis dan Sunah yang menguraikan sifat-sifat Dajal. Berdasarkan kepercayaan yang telah umum dalam kalangan muslim, karakteristik ad-Dajjal adalah sebagai berikut:

Dajal memiliki cacat fisik berupa mata kanan yang buta, dan mata kiri yang dapat melihat tetapi berwarna gelap (hitam). Dalam beberapa hadis menjelaskan ia hanya memiliki sebuah mata. Ia akan menunggangi keledai putih yang satu langkahnya sama dengan satu mil jaraknya. Keledai tersebut memakan api dan menghembus asap, dapat terbang di atas daratan dan menyeberangi lautan.
Dajal seorang pemuda posturnya gemuk, kulitnya kemerah-merahan, berambut keriting, matanya sebelah kanan buta, dan matanya itu seperti buah anggur yang masak’ (tak bersinar), serupa dengan Abdul Uzza bin Qathan (lelaki Quraisy dari Khuza’ah yang hidup di zaman Jahiliyah).[2]
Dia akan menipu para umat muslim dengan mengajari mereka tentang surga, tapi ajaran tersebut adalah sebaliknya (Neraka).
Huruf Arab Kaf Fa Ra (kafir, bermakna kufur) akan muncul pada dahinya dan akan mudah dilihat oleh orang muslim yang bisa membaca maupun yang buta huruf.
Dia dapat melihat dan mendengar di banyak tempat pada waktu bersamaan.
Dia mempunyai keahlian untuk menipu manusia.
Dia akan coba meletakkan manusia pada tingkatan Tuhan.
Dia akan menyatakan dirinya adalah Tuhan dan akan menipu manusia dalam berpikir. Ia mengatakan bahwa ia telah bangun dari kematian. Salah satu orang penting akan ia bunuh dan kemudian ia akan menghidupkannya. Sesudah itu Allah akan menghidupkan apa yang ia bunuh tersebut, setelah itu ia tidak memiliki kekuatan ini lagi. Berdasarkan sumber lain tentang akhirat yang ditulis Anwar al-Awlaki), seorang lelaki beriman akan datang dari Madinah terus ke Dajjal, berdiri pada atas Uhud, dan dengan beraninya mengatakan bahwa Dajjal adalah Dajjal. Kemudian ia akan bertanya, "Apakah kamu percaya bahwa aku adalah Tuhan jika aku membunuhmu dan kemudian menghidupkan kamu?" Lalu Dajjal membunuh lelaki beriman tersebut, setelah itu menghidupkannya kembali, namun lelaki itu akan berkata bahwa dia semakin tidak percaya bahwa Dajjal adalah Tuhan.
Siapa saja yang menolak dan tidak percaya dengannya, mereka akan menderita kemarau dan kelaparan. Siapa saja yang menerimanya akan hidup dalam kehidupan senang.
Sebagian besar ajaran Islam mempercayai bahwa ia muncul di Kota Isfahan
Dia tidak bisa memasuki Makkah atau Madinah karena dijaga para malaikat.
Imam Mahdi akan melawannya atas nama Islam.
Dia akan dibunuh oleh Nabi Isa dekat pintu gerbang Lud yang merupakan wilayah Israel saat ini.

Dajjal membawa air dan api

Bedasarkan sebuah hadis yang menceritakan tentang Dajjal. Hadis tersebut menceritakan suatu hari pada musim kemarau, Dajjal akan bertanya, "Apakah kamu menginginkan api atau air?" Jika menjawab air, itu bermakna api yang diberikannya, Jika jawabannya api, ia akan memberi air. Kamu akan diberikan air jika kamu mengakui Dajjal adalah Tuhan dan bila kamu murtad dari agama Allah. Apabila kamu lebih memilih api tetapi tetap berada di jalan Allah, maka kamu akan dibunuhnya.

Dajjal membawa api dan air; Rasulullah Muhammad SAW. bersabda: "Sesungguhnya Dajjal itu akan keluar dengan membawa air dan api, maka apa yang dilihat manusia sebagai air, sebenarnya itu adalah api yang membakar. Sedang apa yang dilihat oleh manusia sebagai api, maka itu sebenarnya adalah air yang dingin dan tawar. Maka barangsiapa yang menjumpainya, hendaklah menjatuhkan dirinya ke dalam apa yang dilihatnya sebagai api, karena ia sesungguhnya adalah air tawar yang nyaman." [3]

Dajjal membawa sesuatu yang menyerupai syurga dan neraka; Dari Abu Hurairah berkata bahawa Rasulullah s.a.w bersabda: "Sukakah aku ceritakan kepadamu tentang Dajjal, yang belum diberitakan oleh Nabi kepada kaumnya. Sungguh Dajjal itu buta mata sebelahnya dan ia akan datang membawa sesuatu yang menyerupai syurga dan neraka, adapun yang dikatakan syurga, maka itu adalah neraka. Dan aku memperingatkan kalian sebagaimana Nabi Nuh a.s memperingatkan kepada kaumnya."

Dajjal membawa sungai air dan sungai api; Dari Abu Hudzaifah berkata bahwa Rasulullah s.a.w bersabda: Sesungguhnya aku lebih tahu dari Dajjal itu sendiri tentang apa padanya. Dia mempunyai dua sungai mengalir. Yang satu menurut pandangan mata adalah air yang putih bersih. Yang satu lagi menurut mata adalah api yang bergelojak. Sebab itu, kalau seorang mendapatinya hendaklah mendekati sungai yang kelihatan api. Hendaklah dipejamkan matanya, kemudian ditekurkan kepalanya, lalu diminumnya air sungai itu kerana itu adalah air sungai yang sejuk. Sesungguhnya Dajjal itu buta matanya sebelah ditutupi oleh daging yang tebal, tertulis antara dua matanya (di keningnya) perkataan kafir yang dapat dibaca oleh setiap orang beriman yang pandai baca atau tidak.[4]
Perlindungan dari Dajal

Nabi Muhammad SAW mengingatkan para pengikutnya untuk membaca dan menghafal sepuluh ayat pertama dari Surat Al-Kahfi sebagai perlindungan dari Dajjal, dan kalau bisa berlindung di kota Madinah dan Mekkah, karena Dajjal tidak akan pernah bisa masuk kota tersebut yang dijaga oleh para malaikat. Rasulullah juga mengingatkan para pengikutnya untuk berdoa, "Ya Allah! Aku berlindung dengan-Mu dari bencana Dajjal." Dia juga menyatakan tidak ada musibah yang lebih hebat daripada bencana yang ditimbulkan Dajjal sejak penciptaan Nabi Adam hingga Hari Kebangkitan

25 FAKTA TENTANG CEWEK



(Cewek Wajib Suka & Cowok Harus Tau)

1. paling nggak suka dibanding²in apalagi soal fisik

2. paling gasuka dimarahin apa lagi di diemin!

3. sebener nya di saat cewek marah tanpa alasan , itu saat dimana dia butuh perhatian

4. lebih suka ngomong “ terserah ” dari pada harus memperpanjang masalah

5. lebih suka menangis dan memendam nya saat ada masalah , dari pada mengumbarnya dg orang banyak

6. menurut cewek , cowok ganteng biasa ! kesetiaan nya itu lho yg luuaaaarrrr biasaaaa!

7. cewek suka cowok perhatian , tapi perhatian nya cuma kesatu cewek dong ! jgn kesemua cewek –”

8. kebanyakan cewek suka banget di perhatiin + di manjain (´▽`ʃƪ)

9. sebenernya cewek itu tukang
bohong.ups ! coba deh tanya di saat di ada masalah , di pasti bilang , “ enggak kok nggak adaapa ² ” + sekuat² ny tersenyum padahal dia lagi sakiiiit banget

10. cewek enggak lemah juga enggak kuat. cuma , berpura² lemah dan berpura² kuat aja

11. cewek yang suka manis² , adalah pribadi yg suka menonjolkan diri dan merasa paling spesial

12. cewek yg suka makan ayam , cenderung berpikir logis dan jarang melibatkan perasaan #kalo cewek yg suka latah ayam goreng gimana yaaaaa?

13. cewek yg suka makan mie cenderung independen dan perfeksionis

14. cewek seneeeeeng bangeeeet! kalo menjadi yg dipikirkan oleh seseorang”

15. terkadang cewek lebih memilih tak mengungkapkan perasaan.karna rasa nya terlalu sakit –”

16. suka diperlakukan sopan dan di anggap berharga #yeah !

17. pengen dimanjain sama si dia,tanpa harus minta duluan

18. cewek suka bangeeet ! punya cowok yg ibadahnya rajin dan bisa jadi imam # setujuuuuu mameeeen

19. cewek paling seneng ngebaca ulang berkali² sms/message/mention dari org yg dia sayang.yakin deh ! si cewek pasti senyum terus bawaannya

20. cewek suka laper pas malem ² tapi mereka selalu nahan.biasaaa… takut gendut

21. cewek itu gampang badmoodh kalo dicuekin sama org yg dia sayang

22. cewek itu gampang cemburuan dan curigaan !

23. cewek baik emang banyak disukai banyak cowok , tapi tenang cewek baik hanya mencintai satu cowok

24. lebih sering mendengarkan kata hati daripada logika

25. suka kelihatan cantik.jadi para cowok jangan protes kalo cewek nya lama bgt dandannya !

Fakta Dalam Detektiv Conan

• Tujuan Kaito Kuroba menjadi Kaito Kid adalah mengungkap misteri kematian ayahnya.
• Warna rambut Gin berubah di sepanjang perjalanan anime, dari perak, ke cokelat terang.
• Heiji dan Saguru tidak berhubungan (berteman) dengan akrab/baik saat mereka bertemu
• Walaupun tidak bisa menyanyi, Conan mempunyai perfect pitch (nada sempurna).
• Kata Jepang 'konnan' (pengucapannya sama dengan 'Conan') berarti 'difficulty' or 'distress.'
• Ternyata "Ah-le-le" juga biasa diucapkan oleh anak sekolah di Jepang.
• Miwako Sato memiliki kebiasaan berteriak pada saat menarik rem tangan mobilnya karena menurutnya itu memudahkannya
• Banyak tempat di DC yang berasal dari nama-nama tempat di novel Sherlock Holmes. Misalnya Kota Beika dari Baker Street (nama jalan tempat tinggal Holmes), kota Haido dari Hyde Park, dan sebagainya. Nama itu diikuti berdasarkan pelafalan dalam bahasa Jepang.
• Heiji Hattori dan Shinichi Kudo pernah ‘bertarung saling adu analisis’ tiga tahun yang lalu, meskipun mereka tidak sadar satu sama lain. (Sebelum Shinichi menjadi Conan)
• Kaito Kid/Kaito Kuroba mempunyai ichthyophobia, yaitu ketakutan ekstrim pada ikan.
• Tanggal lahir Kaito Kid/Kaito Kuroba adalah 21 Juni, sama dengan tanggal lahir Aoyama Gosho.


• Kaito Kid sering sekali menyamar menjadi Shinichi Kudo, yang dianggapnya penyamaran paling aman, karena wajah mereka mirip.
• Nama kanji Kazuha mempunyai arti 'Japanese Leaf' dan nama belakangnya, Toyama mempunyai arti 'Distant Mountain'.
• Nama "Kid" tidak sengaja diberikan oleh Yusaku Kudo karena dia salah baca, harusnya 1412 (nomor kejahatan internasional)
• Sewaktu jadi Kaito Kid, Toichi Kuroba adalah rival dari Yusaku Kudo. Hubungan yang mirip terjadi juga antara Shinichi Kudo dan Kaito Kid (yang sekarang, Kaito Kuroba, anak Toichi)
• Chikage Kuroba (ibunya Kaito) adalah mantan pencuri juga, dia dulu bernama The Phantom Lady
• Yang pernah menjadi Kaitou Kid ada 3 orang, Toichi Kuroba, Kaito Kuroba dan Kunosuke Jii (asisten Toichi).
• Sebelum menjadi Conan, Shinichi pernah sekali ‘bertarung’ melawan Kaito Kid, meskipun mereka tidak saling tahu.
• Saguru Hakuba 'suka' kepada Aoko Nakamori
• Hakuba sangat teliti dengan waktu. Dalam mencatat waktu kejadian suatu kasus, Hakuba menghitung sampai ke milidetik.

\

• Aoko adalah gadis yang sangat cerdas. Dia bisa menjawab soal matematika di papan tulis bahkan tanpa melihat soalnya. Dia juga tampaknya tahu bahwa Kaito Kid adalah Kaito Kuroba, sahabatnya.
• Pengisi suara Aoko Nakamori adalah Minami Takayama, orang yang sama yang mengisi suara Conan.
• Pengisi suara Akako Koizumi adalah Megumi Hayashibara, orang yang juga mengisi suara Ai Haibara.




• Vermouth dan Yukiko Kudo (Ibu Shinichi Kudo) belajar seni menyamar dari Toichi Kuroba 
• Yukiko Kudo dan Eri Kisaki pernah bersaing dalam pemilihan “Miss Teitan” sewaktu mereka SMA.
• Vermouth, Chris Vineyard, adalah orang yang sama dengan Sharon Vineyard, ibu Chris.
• Sharon Vineyard dan Yukiko Kudo adalah sahabat dekat. (*pastinya udah pada tauk, kan?)
• Bagi Vermouth, Ran seperti ‘malaikat’ baginya
• Vermouth sangat menghormati Shinichi Kudo/Conan dan menganggap dia sebagai Silver Bullet, peluru perak yang bisa menghancurkan Organisasi Hitam sekaligus.
• Hampir semua penyamaran Vermouth adalah orang berkacamata, seperti Sharon Vineyard, Dr. Araide, Polisi dan seorang wanita tidak dikenal (movie 13) kecuali ketika dia menjadi pelayan laki-laki untuk menggoda Gin.
• Ayah Jodie Starling adalah seorang FBI yang dibunuh Vermouth karena menyelidiki tentang BO.
• Sebuah spekulasi yang menerangkan mengapa Vermouth terlihat 20 lebih muda dari usia yang seharusnya adalah dia meminum jenis obat yang sama dengan APTX 4869 yang dikembangkan organisasi.


• Beberapa menyebutkan bahwa hubungan Gin dengan Sherry agak khusus ketika Gin membayangkan Sherry telanjang.
• Akemi dibunuh di kasus Perampokan 1 milyar yen, karena ingin membebaskan adiknya dari BO
• Pengisi suara Kaito Kuroba dengan Shinichi Kudo saat besar sama, tapi saat mereka kecil berbeda.
• Aoyama Gosho sangat menyukai Kejahatan Sempurna (Pembunuhan Ruang Tertutup)
• Ran dan Conan/Shinichi pernah mandi bareng. (“Kalo identitasku ketahuan, aku pasti mati.”—Shinichi)
• Conan selalu mimisan kalau dia sedang membayangkan “yang aneh-aneh” tentang Ran.
• Aoyama dan Shinichi sama-sama penggemar kare.
Arigatou... ^_^

Wednesday, April 10, 2013

Perkembangan Islam di Spanyol


_______________________________________________
Perkembangan Islam di Spanyol yang berlangsung lebih dari tujuh setengah abad, Islam memainkan peranan yang sangat besar. Sejarah panjang yang dilalui Umat Islam di Spanyol ini dapat dibagi menjadi enam periode, dimana tiap periode mempunyai corak pemerintahan dan dinamika masyarakat tersendiri

Perkembangan Islam di Spanyol yang berlangsung lebih dari tujuh setengah abad, Islam memainkan peranan yang sangat besar. Sejarah panjang yang dilalui Umat Islam di Spanyol ini dapat dibagi menjadi enam periode, dimana tiap periode mempunyai corak pemerintahan dan dinamika masyarakat tersendiri.  
Sejak pertama kali menginjakkan kaki di tanah Spanyol hingga jatuhnya kerajaan Islam terakhir di sana, Islam memainkan peranan yang sangat besar. Masa itu berlangsung lebih dari tujuh setengah abad sejarah panjang yang dilalui umat Islam di Spanyol, itu dapat dibagi menjadi enam periode, yaitu
1. Periode Pertama (711-755 M).
Pada periode ini Spanyol berada di bawah pemerintahan para wali yang diangkat oleh Khalifah Bani Umayah yang berpusat di Damaskus. Pada periode ini stabilitas politik negeri Spanyol belum tercapai secara sempurna, gangguan-gangguan masih terjadi, baik datang dari dalam maupun dari luar. Gangguan dari dalam antara lain berupa perselisihan di antara elite penguasa, terutama akibat perbedaan etnis dan golongan. Disamping itu, terdapat perbedaan pandangan antara khalifah di Damaskus dan gubernur Afrika Utara yang berpusat di Kairawan. Masing-masing mengaku bahwa merekalah yang paling berhak menguasai daerah Spanyol ini. Oleh karena itu, terjadi dua puluh kali pergantian wali (gubernur) Spanyol dalam jangka waktu yang amat singkat. Perbedaan pandangan politik itu menyebabkan seringnya terjadi perang saudara. Hal ini ada hubungannya dengan perbedaan etnis, terutama, antara Barbar asal Afrika Utara dan Arab. Di dalam etnis Arab sendiri terdapat dua golongan yang terus-menerus bersaing, yaitu suku Quraisy (Arab Utara) dan Arab Yamani (Arab Selatan). Perbedaan etnis ini seringkali menimbulkan konflik politik, terutama ketika tidak ada figur yang tangguh. Itulah sebabnya di Spanyol pada saat itu tidak ada gubernur yang mampu mempertahankan kekuasaannya untuk jangka waktu yang agak lama.
Gangguan dari luar datang dari sisa-sisa musuh Islam di Spanyol yang bertempat tinggal di daerah-daerah pegunungan yang memang tidak pernah tunduk kepada pemerintahan Islam. Gerakan ini terus memperkuat diri. Setelah berjuang lebih dari 500 tahun, akhirnya mereka mampu mengusir Islam dari bumi Spanyol.
Karena seringnya terjadi konflik internal dan berperang menghadapi musuh dari luar, maka dalam periode ini Islam Spanyol belum memasuki kegiatan pembangunan di bidang peradaban dan kebudayaan. Periode ini berakhir dengan datangnya Abdurrahman al-Dakhil ke Spanyol pada tahun 138 H/755 M.
2. Periode Kedua (755-912 M)
Pada periode ini. Spanyol berada di bawah pemerintahan seorang yang bergelar amir (panglima atau gubernur) tetapi tidak tunduk kepada pusat pemerintahan Islam, yang ketika itu dipegang oleh khalifah Abbasiyah di Baghdad. Amir pertama adalah Abdurrahman I yang memasuki Spanyol tahun 138 H/755 M dan diberi gelar Al-Dakhil (Yang Masuk ke Spanyol). Dia adalah keturunan Bani Umayyah yang berhasil lolos dari kejaran Bani Abbas ketika yang terakhir ini berhasil menaklukkan Bani Umayyah di Damaskus. Selanjutnya, ia berhasil mendirikan dinasti Bani Umayyah di Spanyol. Penguasa-penguasa Spanyol pada periode ini adalah Abdurrahman al-Dakhil, Hisyam I, Hakam I, Abdurrahman al-Ausath, Muhammad ibn Abdurrahman, Munzir ibn Muhammad, dan Abdullah ibn Muhammad.
Pada periode ini, umat Islam Spanyol mulai memperoleh kemajuan-kemajuan, baik dalam bidang politik maupun dalam bidang peradaban. Abdurrahman al-Dakhil mendirikan masjid Cordova dan sekolah-sekolah di kota-kota besar Spanyol. Hisyam dikenal berjasa dalam menegakkan hukum Islam, dan Hakam dikenal sebagai pembaharu dalam bidang kemiliteran. Dialah yang memprakarsai tentara bayaran di Spanyol. Sedangkan Abdurrahman al-Ausath dikenal sebagai penguasa yang cinta ilmu. Pemikiran filsafat juga mulai masuk pada periode ini, terutama di zaman Abdurrahman al-Aushath. Ia mengundang para ahli dari dunia Islam lainnya untuk datang ke Spanyol sehingga kegiatan ilmu pengetahuan di Spanyol mulai semarak.
Sekalipun demikian, berbagai ancaman dan kerusuhan terjadi. Pada pertengahan abad ke-9 stabilitas negara terganggu dengan munculnya gerakan Kristen fanatik yang mencari kesyahidan. Namun, Gereja Kristen lainnya di seluruh Spanyol tidak menaruh simpati pada gerakan itu, karena pemerintah Islam mengembangkan kebebasan beragama. Penduduk Kristen diperbolehkan memiliki pengadilan sendiri berdasarkan hukum Kristen. Peribadatan tidak dihalangi. Lebih dari itu, mereka diizinkan mendirikan gereja baru, biara-biara disamping asrama rahib atau lainnya. Mereka juga tidak dihalangi bekerja sebagai pegawai pemerintahan atau menjadi karyawan pada instansi militer.
Gangguan politik yang paling serius pada periode ini datang dari umat Islam sendiri. Golongan pemberontak di Toledo pada tahun 852 M membentuk negara kota yang berlangsung selama 80 tahun. Disamping itu sejumlah orang yang tak puas membangkitkan revolusi. Yang terpenting diantaranya adalah pemberontakan yang dipimpin oleh Hafshun dan anaknya yang berpusat di pegunungan dekat Malaga. Sementara itu, perselisihan antara orang-orang Barbar dan orang-orang Arab masih sering terjadi.
3. Periode Ketiga (912-1013 M)
Periode ini berlangsung mulai dari pemerintahan Abdurrahman III yang bergelar An-Nasir sampai munculnya "raja- raja kelompok" yang dikenal dengan sebutan Muluk al-Thawaij. Pada periode ini Spanyol diperintah oleh penguasa dengan gelar khalifah, penggunaan gelar khalifah tersebut bermula dari berita yang sampai kepada Abdurrahman III, bahwa Al-Muktadir, Khalifah daulat Bani Abbas di Baghdad meninggal dunia dibunuh oleh pengawalnya sendiri. Menurut penilaiannya, keadaan ini menunjukkan bahwa suasana pemerintahan Abbasiyah sedang berada dalam kemelut. Ia berpendapat bahwa saat ini merupakan saat yang paling tepat untuk memakai gelar khalifah yang telah hilang dari kekuasaan Bani Umayyah selama 150 tahun lebih. Karena itulah, gelar ini dipakai mulai tahun 929 M. Khalifah-khalifah besar yang memerintah pada periode ini ada tiga orang, yaitu Abdurrahman al-Nasir (912-961 M), Hakam II (961-976 M), dan Hisyam II (976-1009 M).
Pada periode ini umat Islam Spanyol mencapai puncak kemajuan dan kejayaan menyaingi kejayaan daulat Abbasiyah Baghdad. Abdurrahman al-Nashir mendirikan universitas Cordova. Perpustakaannya memiliki koleksi ratusan ribu buku. Hakam II juga seorang kolektor buku dan pendiri perpustakaan. Pada masa ini, masyarakat dapat menikmati kesejahteraan dan kemakmuran. Pembangunan kota berlangsung cepat.
Awal dari kehancuran khilafah Bani Umayyah di Spanyol adalah ketika Hisyam naik tahta dalam usia sebelas tahun. Oleh karena itu kekuasaan aktual berada di tangan para pejabat. Pada tahun 981 M, Khalifah menunjuk Ibn Abi Amir sebagai pemegang kekuasaan secara mutlak. Dia seorang yang ambisius yang berhasil menancapkan kekuasaannya dan melebarkan wilayah kekuasaan Islam dengan menyingkirkan rekan-rekan dan saingan-saingannya. Atas keberhasilan-keberhasilannya, ia mendapat gelar al-Manshur Billah. Ia wafat pada tahun 1002 M dan digantikan oleh anaknya al-Muzaffar yang masih dapat mempertahankan keunggulan kerajaan. Akan tetapi, setelah wafat pada tahun 1008 M, ia digantikan oleh adiknya yang tidak memiliki kualitas bagi jabatan itu. Dalam beberapa tahun saja, negara yang tadinya makmur dilanda kekacauan dan akhirnya kehancuran total. Pada tahun 1009 M khalifah mengundurkan diri. Beberapa orang yang dicoba untuk menduduki jabatan itu tidak ada yang sanggup memperbaiki keadaan. Akhirnya pada tahun 1013 M, Dewan Menteri yang memerintah Cordova menghapuskan jabatan khalifah. Ketika itu, Spanyol sudah terpecah dalam banyak sekali negara kecil yang berpusat di kota-kota tertentu.
4. Periode Keempat (1013-1086 M)
Pada periode ini, Spanyol terpecah menjadi lebih dari tiga puluh negera kecil di bawah pemerintahan raja-raja golongan atau Al-Mulukuth Thawaif, yang berpusat di suatu kota seperti Seville, Cordova, Toledo, dan sebagainya. Yang terbesar diantaranya adalah Abbadiyah di Seville. Pada periode ini umat Islam Spanyol kembali memasuki masa pertikaian intern. Ironisnya, kalau terjadi perang saudara, ada diantara pihak-pihak yang bertikai itu yang meminta bantuan kepada raja-raja Kristen. Melihat kelemahan dan kekacauan yang menimpa keadaan politik Islam itu, untuk pertama kalinya orang-orang Kristen pada periode ini mulai mengambil inisiatif penyerangan. Meskipun kehidupan politik tidak stabil, namun kehidupan intelektual terus berkembang pada periode ini. Istana-istana mendorong para sarjana dan sastrawan untuk mendapatkan perlindungan dari satu istana ke istana lain.
5. Periode Kelima (1086-1248 M)
Pada periode ini Spanyol Islam meskipun masih terpecah dalam beberapa negara, tetapi terdapat satu kekuatan yang dominan, yaitu kekuasaan dinasti Murabithun (086-1143 M) dan dinasti Muwahhidun (1146-1235 M). Dinasti Murabithun pada mulanya adalah sebuah gerakan agama yang didirikan oleh Yusuf ibn Tasyfin di Afrika Utara. Pada tahun 1062 M ia berhasil mendirikan sebuah kerajaan yang berpusat di Marakesy. Ia masuk ke Spanyol atas "undangan" penguasa-penguasa Islam di sana yang tengah memikul beban berat perjuangan mempertahankan negeri-negerinya dari serangan-serangan orang-orang Kristen. Ia dan tentaranya memasuki Spanyol pada tahun 1086 M dan berhasil mengalahkan pasukan Castilia. Karena perpecahan di kalangan raja-raja muslim, Yusuf melangkah lebih jauh untuk menguasai Spanyol dan ia berhasil untuk itu. Akan tetapi, penguasa-penguasa sesudah ibn Tasyfin adalah raja-raja yang lemah. Pada tahun 1143 M, kekuasaan dinasti ini berakhir, baik di Afrika Utara maupun di Spanyol dan digantikan oleh dinasti Muwahhidun. Pada masa dinasti Murabithun, Saragossa jatuh ke tangan Kristen, tepatnya tahun 1118 M. Di Spanyol sendiri, sepeninggal dinasti ini, pada mulanya muncul kembali dinasti-dinasti kecil, tapi hanya berlangsung tiga tahun. Pada tahun 1146 M penguasa dinasti Muwahhidun yang berpusat di Afrika Utara merebut daerah ini. Muwahhidun didirikan oleh Muhammad ibn Tumart (w. 1128). Dinasti ini datang ke Spanyol di bawah pimpinan Abd al-Mun'im. Antara tahun 1114 dan 1154 M, kota-kota muslim penting, Cordova, Almeria, dan Granada, jatuh ke bawah kekuasaannya. Untuk jangka beberapa dekade, dinasti ini mengalami banyak kemajuan. Kekuatan-kekuatan Kristen dapat dipukul mundur. Akan tetapi tidak lama setelah itu, Muwahhidun mengalami keambrukan. Pada tahun 1212 M, tentara Kristen memperoleh kemenangan besar di Las Navas de Tolesa. Kekalahan-kekalahan yang dialami Muwahhidun menyebabkan penguasanya memilih untuk meninggalkan Spanyol dan kembali ke Afrika Utara tahun 1235 M. Keadaan Spanyol kembali runyam, berada di bawah penguasa-penguasa kecil. Dalam kondisi demikian, umat Islam tidak mampu bertahan dari serangan-serangan Kristen yang semakin besar. Tahun 1238 M Cordova jatuh ke tangan penguasa Kristen dan Seville jatuh tahun 1248 M. Seluruh Spanyol kecuali Granada lepas dari kekuatan Islam.
6. Periode Keenam (1248-1492 M)
Pada periode ini, Islam hanya berkuasa di daerah Granada, di bawah dinasti Bani Ahmar (1232-1492). Peradaban kembali mengalami kemajuan seperti di zaman Abdurrahman an-Nasir. Akan tetapi, secara politik, dinasti ini hanya berkuasa di wilayah yang kecil. Kekuasaan Islam yang merupakan pertahanan terakhir di Spanyol ini berakhir karena perselisihan orang-orang istana dalam memperebutkan kekuasaan. Abu Abdullah Muhammad merasa tidak senang kepada ayahnya karena menunjuk anaknya yang lain sebagai penggantinya menjadi raja. Dia memberontak dan berusaha merampas kekuasaan. Dalam pemberontakan itu, ayahnya terbunuh dan digantikan oleh Muhammad ibn Sa'ad. Abu Abdullah kemudian meminta bantuan kepada Ferdenand dan Isabella untuk menjatuhkannya. Dua penguasa Kristen ini dapat mengalahkan penguasa yang sah dan Abu Abdullah naik tahta.
Tentu saja, Ferdenand dan Isabella yang mempersatukan dua kerajaan besar Kristen melalui perkawinan itu tidak cukup merasa puas. Keduanya ingin merebut kekuasaan terakhir umat Islam di Spanyol. Abu Abdullah tidak kuasa menahan serangan-serangan orang Kristen tersebut dan pada akhirnya mengaku kalah. Ia menyerahkan kekuasaan kepada Ferdenand dan Isabella, kemudian hijrah ke Afrika Utara. Dengan demikian berakhirlah kekuasaan Islam di Spanyol tahun 1492 M. Umat Islam setelah itu dihadapkan kepada dua pilihan, masuk Kristen atau pergi meninggal Spanyol. Pada tahun 1609 M, boleh dikatakan tidak ada lagi umat Islam di daerah ini
.

Monday, April 8, 2013

10 Tanda Bukti Anda Liverpudlian Sejati



1. Hanya Ada Satu The Reds
Atasan merah, bawahan merah, kaos kaki merah, hanya ada satu yang layak disebut The Reds.



2. Liverpool Tim Inggris Pertama Meraih Treble
15 Tahun sebelum Manchester United memenangkan treble yang pertama dan satu-satunya, Liverpool sudah meraihnya terlebih dahulu. Jauh sebelum Liga Inggris berganti format di tahun 1992, saat itu Piala Liga lebih penting dibandingkan trofi FA Cup.



3. Berpikir Nani Layak Dikartu merah
Liverpudlian tentu senang melihat pemain rival mereka, Nani mendapat kartu merah. Coba lihat saja bekas merah di dada Alvaro Arbeloa dan reaksi dari Xabi Alonso. Kebetulan kedua pemain disebut di atas adalah mantan pemain Liverpool.



4. Terkenang Aksi Gary Macca
Liverpudlian tak bisa begitu saja melupakan gol Gary Macca di laga Derby, penalti ke gawang Barca, Spurs dan Dortmund, gol ke gawang Coventry dan Bradford.




5. Rob Jones Lebih Baik Dari Gary Neville
"Dia seharusnya bek kanan pilihan pertama dalam satu dekade terakhir," ucap gelandang Liverpool saat itu, Steve McManaman.




6.mengenan  Final Istambul
Final Liga Champions 2005 di Istanbul menjadi momen tak terlupakan Liverpudlian. Comeback setelah tertinggal 3 gol dari AC Milan jelas merupakan laga dramatis. Di tahun yang sama, untuk pertama kalinya dalam 18 tahun Everton finis di atas Liverpool di klasemen EPL.

Baik Liverpool maupun Everton berkompetisi di Liga Champions pada musim berikutnya, namun Everton gagal berlaga di putaran final dan turun kasta bermain di Piala UEFA (Liga Europa). Sayangnya, partisipasi Everton di Piala UEFA musim itu juga tidak berlangsung lama.



7. Cinta Luis Suarez
Luis Suarez kerap menjadi cibiran bagi fans klub lain, tidak demikian dengan Liverpudlian yang akan selalu mendukungnya. Termasuk menjagokan penyerang asal Uruguay ini memenangkan trofi pemain terbaik EPL musim ini.





8. Pede Hadapi Adu Penalti


Adu penalti di laga final sudah tentu membuat jantung fans berdegup kencang. Tetapi Liverpudlian bisa sedikit tenang jika The Reds menghadapi adu penalti. Fakta berbicara dari 13 adu penalti yang dihadapi Liverpool sejak 1974, 11 di antaranya berhasil dimenangkan. Hanya dua kali Liverpool kalah di adu penalti dan keduanya di ajang Piala Liga.








9. Mengingat 'Tuhan'
Bukan berarti Liverpudlian harus religius, 'Tuhan' adalah julukan yang diberikan kepada Robbie Fowler. 5 Gol di laga debut, hattrick dalam rentang waktu 4 menit saat menghadapi Arsenal dan lebih dari 30 gol di 3 musim beruntun pada awal tahun 2000an.



10. Mengenang Sukses Liga Champions
Liga Champions tak diragukan lagi kompetisi paling elit di benua biru. Liverpool sudah mengoleksi 5 trofi Liga Champions, hanya Real Madrid dan AC Milan yang mempunyai koleksi gelar lebih banyak.

Sementara hanya ada satu manajer di dunia yang sudah mengoleksi 3 trofi Liga Champions, Bob Paisley saat membesut Liverpool. Manchester United butuh setengah abad untuk bisa mengejar separuh perolehan trofi Liga Champions milik Liverpool. Manajer legendaris United, Sir Alex Ferguson butuh 3 dekade untuk bisa mengumpulkan dua trofi Liga Champions.


WE ARE REALLY RED
AND I PROUD

YOU'LL NEVER WALK ALONE